Kautsar : Sang Inspirator

Herlin SH

Sejak awal bergabung dalam aktivitas organisasi dan gerakan mahasiswa pada 2007, aku sudah mendengar nama Kautsar. Namun demikian, tidak pernah bertemu. Rasa penasaranku menggiring untuk melihat rekam jejaknya di media internet. Banyak tulisan ataupun berita-berita tentang aksi yang telah dia lakukan. Hal ini membuatku semakin kagum dan penasaran dengan sosok Kautsar sebenarnya.

Bacaan-bacaan di media internet maupun penuturan aktivis yang sejaman dengan Kautsar membuat aku meyakini, bahwa ternyata aktivis mahasiswa Aceh tak kalah berani dan hebat dengan aktivis dimanapun kala itu. Mengingat dia melakukan aksi atau gerakan pembebasan pada saat Aceh sedang dilanda konflik bersenjata. Akhirnya, menjelang pemilu di tahun 2011 aku bertemu secara langsung dengan Kautsar. Saat itu dia banyak berbicara tentang strategi-strategi politik. Aku sendiri masih awam sehingga lebih banyak mendengar. Dalam hati kecil aku mengagumi kecerdasan dan keberanian dia.

 Banyak inspirasi strategi membangun gerakan yang kudapatkan saat berdiskusi dengan dia. Dia juga konsisten terhadap ideologi dan perjuangan. Dia memiliki wawasan yang luas tentang dinamika politik kotemporer. Tak salah kalau aktivis-aktivis gerakan setelah ‘98 mengikutinya dan menjadikannya panutan. Sosok Kautsar memang inspirator.

Saat ini, Kautsar yang juga politisi Partai Aceh, mencalonkan diri menjadi anggota legislatif DPR Aceh melalui Dapil Bireun. Dengan No. Urut 3. Kita berharap dia dapat lolos kekursi legislatif Aceh. Karena ide-ide brilian dan kecerdasannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat Aceh.

Selamat berjuang, Bang. Aceh butuh orang sepertimu untuk berubah.

Herlin, SH, Ketua Komite Pemuda Pase (KPP)